Al Qur'an

يَا بُنَيَّ أَقِمِ الصَّلاَ ةَ وَ أْمُرْ بِالْمَعْرُوفِ وَ انْهَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَ اصْبِرْ عَلَى مَا أَصَا بَكَ إِنَّ ذَلِكَ مِنْ عَزْمِ اْلأُمُور [لقمان/17]

Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah). (QS. Lukmaan (31) : 71

SILAHKAN DISEBARKAN

SILAHKAN DIPERBANYAK / DISEBARKAN DENGAN COPY PASTE ASAL SEBUTKAN SUMBERNYA, TERIMA KASIH

Kamis, 03 Februari 2011

Q u r b a n (Bagian 1)


1. الاضحية تعريفها : الاضحية و الضحية اسم لما يذبح من الابل و البقر و الغنم يوم النحر و أيام التشريق تقربا إلى الله تعالى.

1. Binatang Qurban : asal katanya berasal dari kata al udhiyah (الاضحية) dan adh dhahiyah (الضحية), adalah nama binatang sembelihan seperti : unta, sapi , kambing yang disembelih pada hari Raya Qurban dan hari-hari tasyrik sebagai bentuk taqarrub kepada Allah I.

2. مشروعيتها : و قد شرع الله الاضحية بقوله سبحانه : " إنا أعطيناك الكوثر. فصل لربك و انحر إن شانئك هو الابتر ". و قوله : " و البدن جعلناها لكم من شعائر الله لكم فيها خير " (سورة الحج آية رقم 36). و النحر هنا هو ذبح الاضحية. و ثبت أن النبي، صلى الله عليه و سلم، ضحى و ضحى المسلمون و أجمعوا على ذلك.

2. Hukum syariatnya : Allah I telah menyariatkan qurban ini dengan firmannya :

إِ نَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْ ثَرَ (1) فَصَلِّ لِرَ بّــِكَ وَ انْحَرْ (2) إِنَّ شَا نِـئَكَ هُوَ اءلأَ بْتَرُ (3) [الكوثر/1-3]

Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu ni`mat yang banyak.(1) Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkorbanlah.(2) Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus.(3)

وَ الْبُدْنَ جَعَلْنَاهَا لَكُمْ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ لَكُمْ فِيهَا خَيْرٌ فَاذْ كُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَيْهَا [الحج/36]

Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebahagian dari syi`ar Allah, kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah olehmu nama Allah ketika kamu menyembelihnya

Yang dimaksud dengan kata Nahar di surat Al kautsar adalah penyembelihan binatang qurban. Dan di dalam As-sunnah, bahwa nabi r melakukan ibadah qurban dan kaum muslimin ikut berqurban. Mereka ber'ijma untuk hal itu.

3. فضلها: روى الترمذي عن عائشة أن النبي، صلى الله عليه و سلم، قال : ما عمل آدمي من عمل يوم النحر أحب إلى الله من إهراق الدم (إسالته أي ذبح الاضحية).إنها لتأتي يوم القيامة بقرونها و أشعارها و أظللا فها، و إن الدم ليقع من الله بمكان (كناية عن سرعة قبولها) قبل أن يقع على الارض، فطيبوا بها نفسا ".

3. Keutamaannya :

سنن الترمذي - (ج 5 / ص 444/ح1413) : حَدَّ ثَنَا أَ بُو عَمْرٍ و مُسْلِمُ بْنُ عَمْرِو بْنِ مُسْلِمٍ الْحَذَّاءُ الْمَدَ نِيُّ حَدَّ ثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ نَافِعٍ الصَّائِغُ أَ بُو مُحَمَّدٍ عَنْ أَبِي الْمُثَنَّى عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَ ةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ )مَا عَمِلَ آدَ مِيٌّ مِنْ عَمَلٍ يَوْمَ النَّحْرِ أَحَبَّ إِلَى اللَّهِ مِنْ إِهْرَ اقِ الدَّمِ إِ نَّهَا لَتَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِقُرُونِهَا وَ أَشْعَارِهَا وَ أَظْلاَ فِهَا وَ أَنَّ الدَّ مَ لَيَقَعُ مِنَ اللَّهِ بِمَكَانٍ قَبْلَ أَنْ يَقَعَ مِنَ اْلأَرْضِ فَطِيبُوا بِهَا نَفْسًا(

Dari Aisyah t, bahwa Nabi r bersabda : "Tidak ada suatu amalan pun yang dilakukan oleh manusia pada hari Raya Qurban, lebih dicintai Allah I selain dari menyembelih hewan qurban. Sesungguhnya hewan qurban itu kelak di hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kukunya, dan sesungguhnya sebelum darah qurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah I, maka beruntunglah kalian semua dengan (pahala) qurban itu".

4. حكمها : الاضحية سنة مؤكدة، و يكره تركها مع القدرة عليها لحديث أنس الذي رواه البخاري و مسلم أن النبي ، صلى الله عليه و سلم، ضحى بكبشين أملحين (الاملح ما يخالط بباضه سواد) أقرنين (ما له قرن) ذبحهما بيده و سمى و كبر. و روى مسلم عن أم سلمة أن النبي ، صلى الله عليه و سلم، قال : " إذا رأيتم هلا ل ذي الحجة و أراد أحدكم أن يضحي فليمسك عن شعره و أظفاره ". فقوله أراد أن يضحي دليل على السنة لا على الوجوب.

4. Hukumnya : Ibadah qurban adalah Sunnah Muakkadah . Bagi yang mampu melakukannya lalu ia meninggalkannya maka dihukumi makhruh ( kurang disukai / dibenci ) oleh Allah I. Berdalil kepada hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim :

صحيح البخاري - (ج 17 / ص 249/ح 5128) و صحيح مسلم - (ج 10 / ص 147/ح 3635) : أن النبي ، صلى الله عليه و سلم، ضحى بكبشين أملحين (الاملح ما يخالط بباضه سواد) أقرنين (ما له قرن) ذبحهما بيده و سمى و كبر

Bahwa Nabi r pernah mengurbankan dua kambing qibasy, yang sama-sama berwarna putih kehitaman, bertanduk. Beliau r sendiri yang menyembelih qurban tersebut dan membacakan nama Allah serta bertakbir (waktu memotongnya).

صحيح مسلم - (ج 10 / ص 171/ح 3655) : حَدَّ ثَنِي حَجَّاجُ بْنُ الشَّاعِرِ حَدَّ ثَنِي يَحْيَى بْنُ كَثِيرٍ الْعَنْبَرِيُّ أَ بُو غَسَّانَ حَدَّ ثَنَا شُعْبَةُ عَنْ مَالِكِ بْنِ أَنَسٍ عَنْ عُمَرَ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيَّبِ عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ )إِذَ ا رَ أَ يْتُمْ هِلاَ لَ ذِي الْحِجَّةِ وَ أَرَ ادَ أَحَدُ كُمْ أَنْ يُضَحِّيَ فَلْيُمْسِكْ عَنْ شَعْرِ هِ وَ أَظْفَارِ هِ (

Dari Ummu Salamah t, bahwa Nabi r bersabda : "Dan jika kamu telah melihat hilal masuknya bulan Dzulhijjah, dan salah seorang dari kamu ingin berkurban, maka hendaklah ia membiarkan rambut dan kukunya".

Sabda beliau r : "…ingin berkurban….", adalah dalil bahwa ibadah qurban ini sunnah bukan wajib begitu pula dengan membiarkan rambut dan kuku adalah sunnah juga.

Tetapi ada juga sebagian ulama yang Mewajibkannya dengan dalil sebagai berikut :

إِ نَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْ ثَرَ (1) فَصَلِّ لِرَ بّــِكَ وَ انْحَرْ (2) إِنَّ شَا نِـئَكَ هُوَ اءلأَ بْتَرُ (3) [الكوثر/1-3]

Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu ni`mat yang banyak.(1) Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkorbanlah.(2) Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus.(3)

مسند أحمد - (ج 16 / ص 466/ح 7924) و السنن الكبرى للبيهقي - (ج 9 / ص 260) و المستدرك على الصحيحين للحاكم - (ج 8 / ص 117/ح 3425) و سنن الدارقطني - (ج 11 / ص 60/ح 4825) : حَدَّ ثَنَا أَ بُو عَبْدِ الرَّحْمَنِ حَدَّ ثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَيَّاشٍ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ هُرْمُزَ اْلأَعْرَ جِ عَنْ أَبِي هُرَ يْرَ ةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ ) مَنْ وَ جَدَ سَعَةً فَلَمْ يُضَحِّ فَلاَ يَقْرَ بَنَّ مُصَلاَّ نَا(مسجدنا)(

Dari Abu Hurairah t, ia berkata, telah bersabda Rasulullah r : "Barang siapa yang mempunyai kemampuan tetapi ia tidak berkorban maka janganlah ia menghampiri tempat shalat kami (masjid kami)".

5. متى تجب: ولا تجب إلا بأحد أمرين : (1) أن ينذرها لقول الرسول ، صلى الله عليه و سلم : " من نذر أن يطيع الله فليطعه " و حتى لو مات الناذر فإنه تجوز النيابة فيما عينه بنذره قبل موته ". (2 ) أن يقول : هذه لله، أو : هذه أضحية. و عند مالك إذا اشتراها نيته الاضحية وجبت.

5. Kapan Wajibnya ibadah ini ? : Qurban tidak wajib kecuali lantaran 2 hal :

1. Bagi seseorang yang bernadzar. Berdasarkan kepada sabda Rasulullah r :

مَنْ نَذَرَ أَنْ يُطِيْعَ اللهَ فَلْيُطِعْهُ

"Barang siapa yang bernadzar untuk pekerjaan taat kepada Allah I, hendaklah ia melakukannya".

2. Bahwa seseorang berkata : Ini milik Allah I atau ini binatang qurban. Menurut Imam Malik, jika waktu membeli diniatkan untuk diqurbankan, maka menjadi wajib.

6. حكمتها : و الاضحية شرعها الله إحياء لذكرى إبراهيم و توسعة على الناس يوم العيد، كما قال الرسول، صلى الله عليه و سلم : إنما هي أيام أ كل و شرب و ذكر لله عز و جل.

6. Hikmah berqurban : Ibadah qurban disyariatkan oleh Allah I untuk mengenang nabi Ibrahim u, dan sebagai suatu upaya memberikan kemudahan pada hari Ied, sebagaimana yang disabdakan Rasulullah r :

فقه السنة - (ج 3 / ص 318) : إِ نَّمَا هِيَ أَ يَّامُ أَ كلٍ وَ شُرْ بٍ وَ ذِكْرٍ ِلله عَزَّ وَ جَلَّ.

"Hari ini adalah hari makan, minum dan zikir kepada Allah U"

7. مم تكون : و لا تكون إلا من الابل و البقر و الغنم، و لا تجز ئ من غير هذه الثلاثة. يقول الله سبحانه : " ليذكروا اسم الله على ما رزقهم من بهيمة الانعام " (سورة الحج آية رقم 34) و يجزئ من الضأن ما له نصف سنة، و من المعز ما له سنة، و من البقر ما له سنتان، و من الابل ما له خمس سنين، يستوي في ذلك الذكر و الانثى.

1 – روى أحمد و الترمذي عن أبي هريرة قال : سمعت رسول الله صلى الله عليه و سلم يقول : " نعمت الاضحية الجذع (ما له ستة أشهر عند الحنفية . وما له سنة في الاصح عند الشافعية) من الضأن ".

2 – و قال عقبة بن عامر : قلت يا رسول الله، أصابني جذع قال : ضح به. رواه البخاري ومسلم.

3 - وروى مسلم عن جابر أن الرسول ، صلى الله عليه و سلم، قال : " لا تذبحوا إلا مسنة، فإن تعسر عليكم فاذبحوا جدعة من الضأن ". و المسنة الكبيرة هي من الابل ما لها خمس سنين، و من البقر ما له سنتان.

و من المعز ما له سنة، و من الضأن ما له سنة و ستة أشهر، على الخلاف المذكور من الائمة.و تسمى المسنة بالثنية.

7. Binatang Yang diperbolehkan Untuk Qurban : Binatang yang boleh diqurbankan adalah : Binatang yang sejenis dengan unta, sapi, kambing. Untuk selain yang tiga jenis ini tidak diperbolehkan. Firman Allah I :

لِيَذْ كُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ اْلأَ نْعَامِ [الحج/34]

Supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka.

Dan dianggap memadai berkurban dengan domba yang berumur setengah tahu (kambing arab), kambing jawa yang berumur satu tahun, sapi yang berumur dua tahun, unta yang berumur lima tahun. Dalam hal ini tidak ada perbedaan jantan atu betina, berdalilkan pada :

1. Riwayat Ahmad dan Turmudzi :

سنن الترمذي - (ج 5 / ص 456/ح 1419) و مسند أحمد - (ج 19 / ص 405/ح 9362) : حَدَّ ثَنَا يُوسُفُ بْنُ عِيسَى حَدَّ ثَنَا وَ كِيعٌ حَدَّ ثَنَا عُثْمَانُ بْنُ وَ اقِدٍ عَنْ كِدَ امِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ أَبِي كِبَاشٍ عن أَ بَا هُرَ يْرَةَ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُولُ ) نِعْمَ أَوْ نِعْمَتِ اْلأُضْحِيَّةُ الْجَذَعُ مِنَ الضَّأْنِ (

Dari Abu Hurairah t ia berkata : Aku pernah mendengar Rasulullah r bersabda : "Binatang qurban yang paling bagus adalah jadza kambing ( kambing yang berumur satu tahun, sehat, gemuk dan sesuai aturtan )".

  1. Muslim meriwayatkan :

صحيح مسلم - (ج 10 / ص 145/ح 3634) : حَدَّ ثَنَا أَ بُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّ ثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ عَنْ هِشَامٍ الدَّسْتَوَ ائِيِّ عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ عَنْ بَعْجَةَ الْجُهَنِيِّ عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ الْجُهَنِيِّ قُلْتُ ) يَا رَسُولَ اللَّهِ إِ نَّهُ أَصَا بَنِي جَذَعٌ فَقَالَ ضَحِّ بِهِ(

Dari Uqbah bin Amr t berkata : kutanyakan kepada Rasulullah r : "Wahai Rasulullah, aku punya jadza". Rasulullah r menjawab : "Berqurbanlah dengannya".

3. Muslim meriwayatkan :

صحيح مسلم - (ج 10 / ص 142/ح 3631) : حَدَّ ثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يُونُسَ حَدَّ ثَنَا زُهَيْرٌ حَدَّ ثَنَا أَ بُو الزُّ بَيْرِ عَنْ جَابِرٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ ) لاَ تَذْ بَحُوا إِلاَّ مُسِنَّةً إِلاَّ أَنْ يَعْسُرَ عَلَيْكُمْ فَتَذْ بَحُوا جَذَ عَةً مِنَ الضَّأْنِ(

Dari Jabir t, Rasulullah r bersabda : "Janganlah kalian mengqurbankan binatang kecuali yang berumur satu tahun ke atas, jika itu menyulitkanmu, maka sembelihlah yang jadza' domba.

Dan yang berumur tua adalah qurban unta, untuknya yang berusia lima tahun. Sapi yang berumur dua tahun. Kambing jawa yang berumur satu tahun keatas. Kambing domba yang berumur satu tahun atau beberapa bulan keatas. Berbeda dengan yang disebutkan para imam. Hewan yang sudah berumur biasanya disebut Tsaniyyah.

8. الاضحية بالخصي : و لا بأس بالاضحية بالخصي. ر وى أ حمد عن أبي رافع قال : ضحى رسول الله، صلى الله عليه و سلم ، بكبشين أملحين موجوءين خصيين، ولان لحمه أطيب وألذ.

8. Berqurban dengan kambing yang dikebiri : Tidak mengapa berqurban dengan kambing yang dikebiri. Diriwayatkan oleh Ahmad dari Abi Rafi, bahwa Rasulullah r berqurban dengan dua ekor kambing qibasy yang keduanya berwarna putih bercampur hitam lagi dikebiri. Karena dagingnya lebih enak.

9 . ما لا يجوز أن يضحى به : و من شروط الاضحية السلامة من العيوب، فلا تجوز الاضحية بالمعيبة (المعيبة: المقصود بالعيب الظاهر الذي ينقص اللحم، فإذا كان العيب يسيرا فإنه لا يضر) مثل :( 1 ) المريضة البين مرضها ؛ (2 ) العوراء البين عورها؛ ( 3 ) العرجاء البين ظلعها ؛(4 ) العجفاء (العجفاء التي ذهب مخها من شدة الهزال) التي لا تنفي رواه الترمذي و قال : حسن صحيح؛ (5 ) العضباء التي ذهب أكثر أذنها أو قرنها. يقول رسول الله صلى الله عليه وسلم: " أربعة لا تجزئ في الاضاحي: العوراء البين عورها والمريضة البين مرضها والعرجاء البين ظلعها والعجفاء التي لا تنقي ". و يلحق بهذه : الهتماء (الهتماء هي التي ذهب ثناياها من أصلها) ؛ والعصماء (العصماء ما انكسر غلاف قرنها) والعمياء والتولاء (التولاء التي تدور في المرعى ولا ترعى) والجرباء التي كثر جربها. و لا بأس بالعجماء و البتراء و الحامل و ما خلق بغير أذن أو ذهب نصف أذنه أو أليته و الاصح عند الشافعية لا تجز ئ مقطوعة الالية و الضرع لفوات جزء مأكول و كذا مقطوعة الذنب. قال الشافعي : لا

نحفظ عن النبي، صلى الله عليه وسلم، في الاسنان شيئا.

9. Yang Tidak boleh diqurbankan : Syarat-syarat binatang yang diqurbankan adalah bebas dari aib. Karena itu tidak boleh berqurban dengan binatang yang aib (aib disini adalah binatang qurban itu kurang dagingnya, kurus penyakitan sehingga kebanyakan hanya isi perut dan tulang dan cacat). Misalnya : (1) Yang penyakitnya terlihat dengan jelas ; (2) Yang picak, dan jelas terlihat kepicakannya; (3) Yang pincang sekali ; (4) Yang sumsum tulangnya tidak ada, karena saking kurusnya. Lihat hadits Rasulullah r :

سنن ابن ماجه - (ج 9 / ص 303/ح 3135) : حَدَّ ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّ ثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ وَ مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ وَ عَبْدُ الرَّحْمَنِ وَ أَ بُو دَاوُدَ وَ ابْنُ أَبِي عَدِيٍّ وَ أَ بُو الْوَلِيدِ قَالُوا حَدَّ ثَنَا شُعْبَةُ سَمِعْتُ سُلَيْمَانَ بْنَ عَبْدِ الرَّحْمَنِ قَالَ سَمِعْتُ عُبَيْدَ بْنَ فَيْرُوزَ قَالَ قُلْتُ لِلْبَرَ اءِ بْنِ عَازِبٍ حَدِّ ثْنِي بِمَا كَرِهَ أَوْ نَهَى عَنْهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مِنْ الْأَضَاحِيِّ فَقَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ )هَكَذَ ا بِيَدِهِ وَ يَدِي أَقْصَرُ مِنْ يَدِهِ أَرْ بَعٌ لاَ تُجْزِئُ فِي اْلأَضَاحِيِّ الْعَوْرَ اءُ الْبَيِّنُ عَوَرُهَا وَ الْمَرِيضَةُ الْبَيِّنُ مَرَضُهَا وَ الْعَرْجَاءُ الْبَيِّنُ ظَلْعُهَا وَ الْكَسِيرَةُ الَّتِي لاَ تُنْقِي(

Dari Baraa bin Ajib t, ia berkata, Rasulullah r bersabda : Ada empat penyakit pada binatang qurban yang dengannya qurban tidak memadai : Yaitu yang picak dan kepicakannya nampak sekali, dan yang sakit dan penyakitnya terlihat sekali, yang pincang sekali dan yang kurus sekali".

(5) Yang cacat (tekel) : yaitu yang telinga dan tanduknya sebagian besar hilang. Ketentuan yang lain, sesudah cacat yang lima diatas adalah : Hatmaالهتماء - (ompong gigi depannya seluruhnya). Ashma - العصماء - (yang kulit tanduknya pecah). 'Umya - العمياء (buta). Taula - التولاء (yang mencari makan di perkebunan, tidak digembalakan) dan Jerba - الجرباء - (yang banyak penyakit kudisnya).

Dan tidak mengapa dengan yang : tidak bersuara, yang buntutnya terputus sedikit, yang bunting, dan yang tidak ada sebagian kecil telinga atau sebagian kecil bokongnya tidak ada. Menurut Imam Syafi'i, bahwa yang bokongnya/pantatnya terputus, tidak memadai, begitu juga yang putting susunya tidak ada, karena hilangnya sebagian organ yang dapat dimakan, demikian juga yang ekornya putus.

10. وقت الذبح : و يشترط في الاضحية ألا تذبح إلا بعد طلوع الشمس من يوم العيد و يمر من الوقت قدر ما يصلى العيد، و يصح ذبحها بعد ذلك في أي يوم من الايام الثلاثة في ليل أو نهار، و يخرج الوقت بانقضاء هذ ه الايام . فعن البراء، رضي الله عنه، عن النبي، صلى الله عليه وسلم، قال : إن أول ما نبدأ به في يومنا (أي يوم العيد) هذا أن نصلي ثم نرجع فننحر، فمن فعل ذلك فقد أصاب سنتنا، ومن ذبح قبل فإنما هو لحم قدمه لاهله ليس من النسك في شئ ". وقال أبو بردة: خطبنا رسول الله، صلى الله عليه وسلم، يوم النحر فقال : " من صلى صلاتنا ووجه قبلتنا ونسك نسكنا فلا يذبح حتى يصلي، روى الشيخان عن الرسول صلى الله عليه وسلم: من ذبح قبل الصلاة، فإنما يذبح لنفسه، و من ذبح بعد الصلا ة و الخطبتين فقد أ تم نسكه و أصاب سنة المسلمين ".

10. Waktu Penyembelihan : Untuk qurban disyaratkan tidak disembelih sesudah terbit matahari pada hari raya Ied. Tetapi setelah lewat beberapa saat, seukuran shalat Ied. Sesudah itu boleh menyembelihnya di hari mana saja yang termasuk hari tasyrik yang tiga (tanggal 11,12,13 Dzulhijjah) baik malam ataupun siang. Dan setelah hari itu tidak ada lagi penyembelihan.

صحيح البخاري - (ج 4 / ص 27/ح 916) : حَدَّ ثَنَا آدَمُ قَالَ حَدَّ ثَنَا شُعْبَةُ قَالَ حَدَّ ثَنَا زُ بَيْدٌ قَالَ سَمِعْتُ الشَّعْبِيَّ عَنْ الْبَرَ اءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ ) إِنَّ أَوَّلَ مَا نَبْدَ أُ فِي يَوْ مِنَا هَذَا أَنْ نُصَلِّيَ ثُمَّ نَرْجِعَ فَنَنْحَرَ فَمَنْ فَعَلَ ذَلِكَ فَقَدْ أَصَابَ سُنَّتَنَا وَ مَنْ نَحَرَ قَبْلَ الصَّلاَ ةِ فَإِ نَّمَا هُوَ لَحْمٌ قَدَّ مَهُ لِأَهْلِهِ لَيْسَ مِنَ النُّسْكِ فِي شَيْ ءٍ (

Dari Al Barra t, dari Nabi r, beliau bersabda : "Sesungguhnya awal hari kita ini (hari raya Ied) adalah bahwa kita shalat, kemudian kita kembali dan memotong qurban. Siapa yang melakukan itu, berarti ia mendapatkan sunnah kami. Dan siapa yang menyembelih sebelum itu, adalah sembelihan yang dagingnya ia persembahkan untuk keluarganya, tidak termasuk ibadah (qurban) sama sekali"

صحيح مسلم - (ج 10 / ص 136/ح 3626) : حَدَّ ثَنَا أَ بُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّ ثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ نُمَيْرٍ ح و حَدَّ ثَنَا ابْنُ نُمَيْرٍ حَدَّ ثَنَا أَبِي حَدَّ ثَنَا زَكَرِيَّاءُ عَنْ فِرَ اسٍ عَنْ عَامِرٍ عَنْ الْبَرَ اءِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ ) مَنْ صَلَّى صَلاَ تَنَا وَ وَجَّهَ قِبْلَتَنَا وَ نَسَكَ نُسُكَنَا فَلاَ يَذْ بَحْ حَتَّى يُصَلِّيَ (

Dari Al Barra t, dari Rasulullah r, beliau bersabda : " Barang siapa yang shalat sesuai dengan shalat kami, dan menghadap kiblat ke kiblat kami, dan beribadah dengan cara ibadah kami, maka ia tidak menyembelih qurban sebelum ia shalat".

صحيح البخاري - (ج 17 / ص 235/ح 5120) : حَدَّ ثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّ ثَنَا إِسْمَاعِيلُ عَنْ أَ يُّوبَ عَنْ مُحَمَّدٍ عَنْ أَ نَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ ) مَنْ ذَبَحَ قَبْلَ الصَّلاَ ةِ فَإِ نَّمَا ذَ بَحَ لِنَفْسِهِ وَ مَنْ ذَ بَحَ بَعْدَ الصَّلاَ ةِ فَقَدْ تَمَّ نُسُكُهُ وَ أَصَابَ سُنَّةَ الْمُسْلِمِينَ (

Dari Anas bin Malik t, dari Rasulullah r: " Barang siapa yang menyembelih sebelum shalat, maka sesungguhnya ia menyembelih untuk dirinya. Dan siapa yang menyembelih setelah shalat, sungguh ibadahnya telah ia sempurnakan dan ia mendapat sunnah kaum muslimin.



[1] Fiqih Sunnah, Sayid Sabiq, Jilid 13, halaman 155-166, cetakan pertama, PT Al Ma'arif. Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar