Al Qur'an

يَا بُنَيَّ أَقِمِ الصَّلاَ ةَ وَ أْمُرْ بِالْمَعْرُوفِ وَ انْهَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَ اصْبِرْ عَلَى مَا أَصَا بَكَ إِنَّ ذَلِكَ مِنْ عَزْمِ اْلأُمُور [لقمان/17]

Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah). (QS. Lukmaan (31) : 71

SILAHKAN DISEBARKAN

SILAHKAN DIPERBANYAK / DISEBARKAN DENGAN COPY PASTE ASAL SEBUTKAN SUMBERNYA, TERIMA KASIH

Selasa, 30 Agustus 2011

Etika Dialog : Bahayanya Ingkar Janji



Ingkar janji disebut juga bohong. Ini merupakan salah satu dari sekian banyak bahaya yang ditimbulkan oleh lisan manusia, dan biasanya ada sebuah sifat yang buruk pada diri manusia yaitu mengobral janji. Lalu hati sulit dia ajak kompromi untuk memenuhinya sehingga sekedar janji di ujung lidah, dan dengan ringannya kita tidak menepati janji. Padahal mengingkari janji adalah salah satu tanda orang munafik. Allah I berfirman :

يَا  أَ يُّهَا  الَّذِينَ   آَمَنُوا   أَوْفُوا  بِا لْعُقُودِ  [المائدة/1]

Hai orang-orang yang beriman, penuhilah aqad-aqad itu (janji-janji yang kau ucapkan). (QS Al Maidah (5) : 1)


إحياء علوم الدين -  أبو حامد الغزالي - (ج 2 / ص 329)  :  و قال  صلى  الله عليه  و سلم  )  اَ لْـعِـدَ ةُ    عَطِـيَّةٌ  ( و قال  صلى  الله  عليه  و سلم   ) اَلْوَ أْيُ    مِثْلُ  الدَّيْنِ  أَوْ   أَفْضَلُ  وَ  الْوَ أْ يُ  : الوَعْدٌ (.

Rasulullah r bersabda : ("Janji itu suatu pemberian".) [1] Dan Rasulullah r pun bersabda pula : (Al Wa'yu itu adalah seperti hutang atau lebih berat dari hutang, dan Al Wa'yu itu adalah Janji".[2])

إحياء  علوم  الدين -  أبو  حامد  الغزالي -   (ج 2 / ص 329)  :  و  قد  أثنى   الله  تعالى  على   نبيه  اسمعيل  عليه  السلام   في   كتابه  العزيز  فقال  " إنه  كان  صادق   الوعد "   قيل  إنه   وعد  إنساناً   في   موضع   فلم   يرجع   إليه   ذلك   الإنسان   بل   نسي،   فبقي   اسمعيل اثنين   و  عشرين   يوماً  في   انتظاره.

Allah I memuji Nabi Ismail u dalam kitabNya dengan firmanNya :

وَ اذْ  كُرْ  فِي  الْكِتَابِ   إِسْمَاعِيلَ   إِ  نَّهُ   كَانَ  صَادِقَ  الْوَعْدِ  وَ  كَانَ  رَسُولًا  نَبِيًّا  [مريم/54]

Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka) kisah Ismail (yang tersebut) di dalam Al Qur'an. Sesungguhnya ia adalah seorang yang benar janjinya, dan dia adalah seorang rasul dan nabi. (QS Maryam (19) : 54)

Dikisahkan bahwa Nabi Ismail u sepakat berjanji dengan seseorang untuk bertemu di suatu tempat. Nabi Ismail u menepatinya dan ia menunggu di tempat yang telah ditentukan. Namun orang yang mengikat janji itu tak kunjung datang karena lupa. Meskipun demikian Nabi Ismail u tetap setia menanti sampai 20 hari lamanya.

إحياء علوم الدين -  أبو حامد الغزالي - (ج 2 / ص 329)  :  و عن  عبد  الله  بن  أبي  الخنساء  قال  :  بايعت   النبي  صلى  الله  عليه  و سلم قبل  أن  يبعث  و  بقيت  له  بقية   فواعد ته   أن   آتيه  بها  في   مكانه   ذلك   فنسيت   يومي  و  الغد  فأتيته   اليوم   الثالث  و هو في   مكانه،  فقال  " يا  فتى   لقد   شققت   علي  أنا   ههنا  منذ  ثلاث  أنتظرك ".

Abdullah bin Khansa berkata : "Saya mengadakan jual beli dengan Rasulullah r sebelum diutus menjadi Rasul dan masih tersisa suatu sisa bagi beliau, lalu saya berjanji dengan beliau bahwa saya akan mendatangi beliau dengan membawa sisa itu di tempatnya. Lalu saya lupa pada hari itu dan esok harinya. Maka saya datang kepada beliau. Maka beliau r bersabda : "Hai Pemuda!. Sesungguhnya kamu telah memberatkanku, aku berada di sini sudah tiga hari hanya untuk menunggumu".".[3]

صحيح مسلم - (ج 1 / ص 191/ح 89) و صحيح البخاري - (ج 1 / ص 58/ح 32)  و  سنن الترمذي - (ج 9 / ص 221/ح 2555) و سنن النسائي - (ج 15 / ص 220/ح 4935) و مسند أحمد - (ج 17 / ص 373/ح 8331)  :  حَدَّ ثَنَا  يَحْيَى  بْنُ  أَ يُّوبَ  وَ  قُتَيْبَةُ   بْنُ  سَعِيدٍ  وَ اللَّفْظُ   لِيَحْيَى  قَالَا  حَدَّ ثَنَا   إِسْمَعِيلُ بْنُ  جَعْفَرٍ  قَالَ   أَخْبَرَ نِي   أَ بُو  سُهَيْلٍ  نَافِعُ   بْنُ  مَالِكِ   بْنِ  أَبِي   عَامِرٍ  عَنْ   أَبِيهِ  عَنْ   أَبِي   هُرَ يْرَ ةَ    أَنَّ  رَسُولَ   اللَّهِ   صَلَّى   اللَّهُ   عَلَيْهِ  وَ سَلَّمَ   قَالَ  )  آ يَةُ  الْمُنَافِقِ   ثَلَاثٌ   إِذَ ا حَدَّثَ   كَذَبَ   وَ  إِذَ ا  وَعَدَ   أَخْلَفَ  وَ إِذَ ا اؤْ تُمِنَ  خَانَ (

Dari Abu Hurairah t, sesungguhnya Rasulullah r bersabda : ("Tanda-tanda orang munafik ada tiga perkara : (1) Apabila berbicara dia berdusta , (2) Apabila berjanji dia mengingkari, (3) Apabila diberi amanah dia mengkhianatinya".)

صحيح مسلم - (ج 1 / ص 190/ح 88) و  صحيح البخاري - (ج 8 / ص 340/ح 2279)  :  حَدَّ ثَنَا  أَ بُو  بَكْرِ  بْنُ   أَبِي  شَيْبَةَ   حَدَّ ثَنَا  عَبْدُ  اللَّهِ  بْنُ   نُمَيْرٍ   ح  و حَدَّ ثَنَا  ابْنُ   نُمَيْرٍ  حَدَّ  ثَنَا  أَبِي  حَدَّ ثَنَا  الْأَعْمَشُ   ح   و  حَدَّ ثَنِي  زُهَيْرُ بْنُ  حَرْبٍ   حَدَّ  ثَنَا  وَ  كِيعٌ   حَدَّ ثَنَا سُفْيَانُ   عَنْ   الْأَعْمَشِ  عَنْ  عَبْدِ اللَّهِ   بْنِ   مُرَّ ةَ   عَنْ   مَسْرُوقٍ   عَنْ   عَبْدِ  اللَّهِ  بْنِ   عَمْرٍو  قَالَ  قَالَ  رَسُولُ   اللَّهِ  صَلَّى  اللَّهُ عَلَيْهِ  وَ  سَلَّمَ  )  أَرْبَعٌ   مَنْ   كُنَّ   فِيهِ   كَانَ   مُنَافِقًا  خَالِصًا  وَ  مَنْ   كَانَتْ   فِيهِ   خَلَّةٌ   مِنْهُنَّ    كَا نَتْ   فِيهِ   خَلَّةٌ   مِنْ   نِفَاقٍ حَتَّى   يَدَعَهَا   إِذَ  ا   حَدَّثَ   كَذَبَ   وَ  إِذَ ا  عَاهَدَ   غَدَرَ   وَ  إِذَ  ا   وَعَدَ   أَخْلَفَ   وَ   إِذَ ا   خَاصَمَ   فَجَرَ  (

Dari Abdullah bin Amru t, ia berkata, telah bersabda Rasulullah r : ("Ada empat perkara yang menjadi tanda bagi orang munafik. Barang siapa yang bersifat dengan salah satu dari padanya berarti dia mempunyai sifat munafik, sehingga dia meninggalkan sifat-sifat tersebut yaitu : (1) Apabila berbicara dia berdusta , (2) Apabila membuat suatu persetujuan dia mengkhianatinya, (3) Apabila berjanji dia menyalahi, (4) Apabila terjadi pertikaian dia melampaui batas.)


Hadits diatas ditujukan kepada orang yang benar-benar ingkar janji, dimana dia tidak memenuhi janji tersebut tanpa suatu halangan apapun dan penuh kesengajaan. Adapun bagi orang yang tidak menepati janji karena ada suatu halangan, hendaknya memberitahukan secepatnya jika tidak bisa berkomunikasi pada keesokan harinya, jika bisa lewat telepon maka teleponlah. Tetapi alangkah baiknya jika kita bias menjaga diri dari hal-hal yang membuat kita mengingkari janji, dan terhindar dari sifat-sifat munafik yang disebutkan diatas.

إحياء علوم الدين -  أبو حامد الغزالي - (ج 2 / ص 329)  :  روي  أن  رسول  الله  صلى  الله  عليه  و سلم  كان   وعد  أبا  الهيثم  بن  التهيان خادماً  ؛   فأتى   بثلا ثة  من  السبى  فأعطى  اثنين  و  بقي  و  احداً،   فأتت   فاطمة   رضي  الله  عنها  تطلب  منه   خادماً و  تقول  :  ألا ترى  أثر  الرحى   بيدي؟   فذكر   موعده   لأبي  الهيثم  فجعل   يقول   "   كيف   بمو عدي   لأبي  الهيثم؟  فآخثره  به  على  فاطمة  -  لما   كان   قد  سبق   من موعده  له -   مع  أنها  كانت   تدير  الرحى  بيدها  الضعيفة.

Telah dirawayatkan bahwa Rasulullah r menjanjikan budak (pembantu) kepada Abu Haitsam bin At-Tahyan. Lalu tiga tawanan dihadapkan kepada Rasulullah r. Selanjutnya Rasulullah r memberikan dua tawanan kepada sebagian sahabatnya sehingga tinggal satu orang tawanan. Namun tiba-tiba Fatimah datang dan meminta tawanan yang tertinggal tersebut untuk dijadikan pembantunya (budak), dan Fatimah t berkata : Tidakkah engkau melihat tangganku membekas (lecet dan kapalan) oleh alat penggilingan?. Tetapi saat itu Rasulullah r teringat janjinya kepada Abu Haitsam. Rasulullah r bersabda : Bagaimana dengan janjiku kepada Abu Haitsam?. Karenanya Rasulullah r lebih mendahulukan kepentingan Abu Haitsam daripada memenuhi kebutuhan anaknya sendiri, Fatimah. Padahal anaknya itun tidak mempunyai pembantu sehingga pekerjaan menggiling gandum dikerjakannya sendiri dengan tangannya yang lemah (sampai tangannya lecet dan kapalan).

إحياء علوم الدين -  أبو حامد الغزالي - (ج 2 / ص 329)  :  و لقد  كان  صلى  الله  عليه  و  سلم  جالساً  يقسم  غنائم  هوازن  بحنين  فوقف عليه  رجل  من  الناس  فقال  :  إن  لي  عندك   موعداً يا رسول  الله  قال  " صدقت، فاحتكم  ما  شئت،  فقال : أحتكم ثمانين  ضائنة   و راعيها،  قال  " هي  لك "  و قال  " احتكمت   يسيراً  و  لصاحبه   موسى  عليه  السلام   التي   دلته  على عظام   يوسف   كانت   أحزم   منك   و  أجزل   حكماً   منك   حين   حكمها  موسى  عليه   السلام   فقالت   حكمي  أن تردني   شابة   و  أدخل معك  الجنة،   قيل  فكان  الناس   يضعفون   ما  احتكم  به  حتى   جعلا   مثلاً   فقيل :  أشح  من صاحب   الثمانين  و  الراعي. و  قد  قال  رسول  الله   صلى   الله   عليه  و  سلم   "   ليس   الخلف   أن  يعد  الرجل  الرجل وفي   نيته  أن   يفي  و  في  لفظ  آخر  " إذا  وعد  لرجل   أخاه   و  في   نيته  أن  يفي  فلم  يجد،  فلا   إثم  عليه " .

Sesungguhnya Rasulullah r duduk untuk membagi harta rampasan perang Hawazin di Hunain, lalu seorang laki-laki dari orang banyak berdiri dan berkata : "Sesungguhnya bagiku ada janji di sisi engkau, Wahai Rasulullah!". Beliau r bersabda : "Kamu benar, maka putuskanlah menurut kehendakmu!". Orang itu berkata : "Saya putuskan delapan puluh ekor domba betina dan penggembalanya!". Rasulullah r bersabda : "Itulah bagianmu". Dan beliau r bersabda : "Kamu telah memutuskan dengan bagian yang sedikit (mudah) dan sesungguhnya wanita (nenek-nenek) teman nabi Musa u yang menunjukkan kepadanya tulang nabi Yusuf u adalah lebih tegas dari padamu dan lebih banyak bagiannya dari padamu, ketika nabi Musa u memutuskan kepadanya, "Maka putuskanlah menurut kehendakmu!". Maka ia berkata : "Keputusanku adalah hendaknya engkau mengembalikan diriku menjadi muda kembali dan bawalah masuk surga bersamamu". Adapun para jamaah yang hadir di majelis itu tercengang lalu berkata, "Keterlaluan tuntutan dan kepuasan nenek tersebut kepada nabi Musa u, dan si nenek lebih serakah (dan lebih cerdik) dari pada pemilik delapan puluh ekor domba betina dan penggembalanya".

Rasulullah r bersabda :

   )   لَيْسَ   اْلخُلْفُ   أَنْ   يَعِدَ  الرَّجُلُ  وَ  فيِ   نِيَتِهِ  أَنْ   يَفِيَ (

" Tidaklah dianggap ingkar janji jika seseorang berjanji sedangkan ia berniat untuk menepati janjinya ". [4]


Rasulullah r bersabda :

   ) إِذَ ا  وَعَدَ الرَّجُلُ   أَخَاهُ   وَ  فيِ   نِيَتِهِ  أَنْ   يَفِيَ  فَلَمْ   يَجِدْ،  فَلاَ   إِثْمَ  عَلَيْهِ (

" Tidaklah dianggap ingkar janji jika seseorang berjanji sedangkan ia berniat untuk menepati janjinya ". [5]


[1]  H.R Ath-Thabrani dari Qabbats bin Uyaim.
[2]  H.R Ibnu Abid Dunya dari Al hasan 
[3]  H.R Abu Dawud 
[4]  H.R Ad-Dailamiy 
[5]  HR Abu Dawud dan HR Turmudzi  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar