Al Qur'an

يَا بُنَيَّ أَقِمِ الصَّلاَ ةَ وَ أْمُرْ بِالْمَعْرُوفِ وَ انْهَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَ اصْبِرْ عَلَى مَا أَصَا بَكَ إِنَّ ذَلِكَ مِنْ عَزْمِ اْلأُمُور [لقمان/17]

Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah). (QS. Lukmaan (31) : 71

SILAHKAN DISEBARKAN

SILAHKAN DIPERBANYAK / DISEBARKAN DENGAN COPY PASTE ASAL SEBUTKAN SUMBERNYA, TERIMA KASIH

Minggu, 14 Agustus 2011

Doa untuk keluarga



Renungan untuk para suami, dan untuk orang-orang yang sudah berusia 40 tahun.........


Catatan ini dipersembahkan Ust Saiful Islam Mubarak kepada istrinya yang bertambah usianya dan menginjak usia 40 tahun


Untuk isteri yang setia mendampingiku setiap saat terutama ketika berdoa dan berjuang. Hari ini dia berusia : 
40 tahun menurut kalender masehi, atau  41 tahun menurut kalender hijriyah”.

Allah I berfirman:

إِذَا  بَلَغَ  أَشُدَّ هُ  وَ  بَلَغَ   أَرْ بَعِينَ  سَنَةً  قَالَ  رَبِّ  أَوْزِعْنِي  أَنْ  أَشْكُرَ   نِعْمَتَكَ  الَّتِي أَنْعَمْتَ  عَلَيَّ  وَ عَلَى  وَ الِدَيَّ  وَ  أَنْ  أَعْمَلَ  صَالِحًا  تَرْضَاهُ  وَ  أَصْلِحْ  لِي  فِي ذُرِّ يَّتِي  إِ نِّي  تُبْتُ  إِلَيْكَ  وَ  إِ نِّي  مِنَ  الْمُسْلِمِينَ ]الأحقاف/15[

Apabila dia (manusia) telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: "Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang shaleh yang Engkau ridai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri".

(صحيح البخارى - ج 12 / ص 292):   بَعَثَهُ اللَّهُ عَلَى رَأْسِ أَرْبَعِينَ سَنَةً  

Rasulullah dianggat sebagai Rasul pada usia empat puluh tahun

(نساء حول الرسول - ج 1 / ص 2)  :    وتزوجها رسول الله صلى الله عليه وسلم ، وكان لها من العمر أربعين سنة 

Khadijah mendapat bimbingan Ilahi dengan pasangan hidup yang membimbingnya menuju ridha Allah pada usia empatpuluh tahun.

(تفسير اللباب لابن عادل - ج 14 / ص 217) :   عن  ابن  عباس مرفوعاً « من أتى عليه الأربعون سنة فلم يغلب خيره شره فليتجهز إلى النار »

Ibnu Abas berkata : siapa yang sudah berusia empat puluh tahun namun kebaikannya belum dapat menguasai keburukannya maka siap-siaplah menuju neraka.

(تفسير الألوسي - ج 19 / ص 65) :   قال  المفسرون  :  لم   يبعث   نَبِيٌّ   قَطُّ   إلاَّ  بعد أربعين  سنة 
Para ahli tafsir berkata : tiada seorang nabi pun diutus kecuali setelah berusia empat puluh tahun.

Ya Allah, dengan izinMu isteri hamba hari ini menginjak usia empat puluh tahun, ya Allah Engkau Mahatahu, hamba belum mampu memenuhi haknya dan belum mampu melaksanakan kewajiban suami yang sesuai dengan keperluannya.

Hamba menyadari, hingga hari ini, masih banyak hak-hak isteri yang belum hamba penuhi. Ya Allah lapangkanlah dadanya untuk dapat memaafkan hamba yang sangat lemah dan sering lalai ini.

Kendatipun hamba sangat lalai dalam melaksanakan tugas sebagai seorang suami, namun telah Engkau berikan padanya kesetiaan melayani suami, kenikmatan membimbing anak-anak kami dan berjuang untuk  melayani masyarakat meskipun hamba belum mampu memfasilitasi yang diperlukannya.
اللهم   لك   الحمد
Ya Allah, hamba tidak akan putus asa mengharap ke hadirat-Mu, karena Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu, maka jadikanlah isteriku tauladan yang Islami bagi semua anggota keluarga dan dapat membimbing umat  pada jalan yang benar.

Ya Allah berikanlah padanya keberanian untuk mengikuti alhaq meski harus menghadapi berbagai tantangan dan rintangan yang berat.

Ya Allah, perlihatkanlah padanya perbedaan antara haq dan batil, dan berikanlah padanya kekuatan untuk menjauh dari  kebatilan betapapun menarik dan menggiurkan. 

Ya Allah jadikanlah isteriku pelanjut ummahat mukminin yang selalu setia mendampingi RasulMu serta rela berkorban untuk berjuang di jalan-Mu demi lahirnya generasi qurani.  
Ya Allah telah Engkau pertemukan kami di dunia dan Engkau curahkan pada kami nikmat hidup bersama tiga puteri dan dua putera yang kini mereka semua sedang menuntut ilmu di pesantren masing-masing untuk membekali diri guna kehidupan yang abadi  dengan tujuan meraih ridho-Mu.

اللهم اجعلنا علماء صالحين أغنياء شاكرين حجاجا مبرورين  دعاة مخلصين لكتابك تالين متدبرين ولسنة نبيك متبعين وبالمعروف آمرين وعن المنكر ناهين ولحدودك حافظين وعن النار مزحزحين وبالجنة منعمين ومع نبيك المصطفى محشورين وإلى وجهك الكريم ناظرين برحمتك يا أرحم الراحمين ، آمين .
Jadikanlah, ya Allah, kami dan semua anak kami ulama yang shaleh, orang kaya yang bersyukur, haji yang mabrur, da'ie yang ikhlas, hafizh al Quran yang menghayati dan mengamalkan isinya, mengikuti sunnah Nabi, menyuruh kepada ma'ruf, mencegah yang munkar, memelihara aturanMu, dijauhkan dari neraka, mendapat nikmat surga, berkumpul bersama Nabi, dan meraih ni'mat bertemu dengan Engkau.

م
للهم ارحم أمة محمد صلى الله عليه وسلم

Ya Allah curahkanlah rahmat-Mu kepada umat Nabi Muhammad Saw. Sungguh banyak yang haq tertutup dengan kebatilan hingga sulit diketahui, sungguh banyak kebatilan yang menarik pandangan sehingga dipandang sebagai alhaq. Terangilah kami, ya Allah, dan keluarga kami serta semua umat Nabi-Mu dengan nur cahaya-Mu yang mengantarkan kami menuju ridho-Mu. Sungguh Engkaulah Pencurah rahmat dan ampunan. Amiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar